RIG ZONE

Semisub Rig

Di tempat inilah separuh hidup kuhabiskan. Untuk mencari sesuap nasi sepiring berlian. Secara umum orang menyebut tempat ini adalah Rig. Pengertian Rig sebenarnya alat atau sarana untuk melakukan pengeboran. Ada beberapa type rig. Yang utama adalah Rig darat dan Rig laut. Rig darat cuma ada 1 macam saja, sedangkan Rig Laut ada 4 macam, salah satunya rig yang berada di perairan dangkal (submersible rig). Kehidupan disini bisa sangat menyenangkan dan bisa juga sangat membosankan, tergantung masing-masing individu membawa diri. Karena kehidupan di tempat ini jauh dari peradaban manusia, biasanya telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas, seperti televisi, audia-video, gymnast, ect. Bahkan di Rig mewah ada kolam renang dan saunanya. Tergantung para operator yang sanggup menyewa rig-rig seperti itu.

Land Rig (Rig Darat)

Land Rig

Rig semacam ini sudah sering dijumpai di darat. Cuma mungkin ada beberapa perbedaan antara rig kecil dan rig besar. Rig kecil biasanya hanya digunakan untuk pekerjaan-pekerjaan sederhana, seperti well service atau work over. Sedangkan rig besar digunakan untuk operasi pengeboran, baik pengeboran vertikal atau pengeboran directioanal.

Land rig dirancang portable, sehingga mudah untuk dibongkar pasang dan dibawah oleh truck atau trailer. Untuk wilayah yang sulit dijangkau oleh kendaraan darat, bagian-bagian rig ini diangkut menggunakan heliportable.

Jack-Up

Jack Up

Rig ini terdiri dari barge yang ditopang oleh beberapa kaki baja. Rig ini terapung atau digusung ke lokasi. Pada lokasi yang telah ditentukan. Crew rig akan mengoperasikan kaki-kaki baja rig ini turun hingga menyentuh dasar laut. Setalah kaki-kaki baja tersebut mantap menjejakkan ke dasar laut, kemudian barge akan dinaikkan hingga beberapa meter diatas permukaan air laut. Rig semacam ini hanya terbatas digunakan pada kedalaman air maksimum 110 meter (sekitar 350 feet).

Submersible Inland Barge

Rig semacam ini digunakan di perairan dangkal, seperti daerah rawa atau delta sungai. Rig ini berdiri diatas platform yang duduk langsung di dasar rawa.. Rig ini terbatas pada kedalaman air 3-5 meter (15-30 feet).

Semisubmersible Rig

Semisubmersible Rig

Rig ini mempunyai dua atau lebih hull atau semacam kaki. Kaki ini dirancang untuk terapung (flooded, ballasted). Setengah terapung. Ballast Control System, dioperasikan oleh komputer sehingga rig selalu berada pada level diatas air sesuai dengan keinginan. Pengaruh ombak masih terasa pada rig ini. Semisubmersible digunakan operator pada pengeboran lepas pantai kedalaman air sekitar 90-750 meter (300-2500 feet).

Drill Ship

Rig ini juga jenis rig terapung. Rig ini seperti kapal-kapal kebanyakan, cuma sudah dimodifikasi beberapa bagiannya sehingga berfungsi sebagai rig. Di tengah kapal, biasanya didirikan menara dan di bagian bawahnya terbuka ke laut (moon pool). Drill ship adalah rig mobile yang paling sering digunakan untuk pengeboran sumur-sumur explorasi yang jauh dari daratan. Rig ini dioperasikan pada kedalaman laut lebih dari 2800 meter (6000 feet).

Drill Ship

Dibawah ini adalah ilustrasi berbagai macam tipe rig.

OilΒ Pic

Keterangan gambar diatas dari kiri ke kanan:

1. Land Rig

2. Steel Jacket Platform (Kedalaman kurang dari 300 m)

3. Jack Up Rig ( Kedalaman kurang dari 110 m)

4. Semisub Rig (Kedalaman 90 m – 760 m)

5. Drill Ship (Kedalaman lebih dari 2800 m)

6. Tension Leg Platform (Kedalaman lebih dari 300 m)

Catatan : Untuk Steel Jacket Platform dan Tension Leg Platform bersifat fixed, sedangkan Rig bersifat mobile. Kedua jenis platform ini digunakan untuk kepentingan produksi (production). Untuk no 5 selain berfungsi sebagai rig pemboran, bisa juga digunakan sebagai alat produksi.

Iklan

59 tanggapan untuk “RIG ZONE

  1. Mas Mudji, gambar yang paling bawah itu gambar yang paling bisa memberikan gambaran tentang rig. Cuma kurang keterangan jenis rig dan kedalamannya mas.

    @ Sebentar ya mas, saya update dulu keterangannya. Kalau kedalaman, sepertinya sudah saya cantumkan di blog saya. Coba deh baca lagi.

  2. Salam sejahtera,
    Wah rasanya bahagia sekali sudah ada putra bangsa yang mau menulis tentang Drilling Rig, tulisan ini akan membarikan gambaran bagi yang belum memahaminya khususnya orang diluar operasi perminyakan dan geothermal.
    Untuk rig laut perlu ditambahkan lagi jenis Rig Platform yang sering disebut sebagai Tender asisted, dimana Strucktur menara dan Drawwork’s yang ditempatkan diatas platform sedangkan pendukung yang lain spt (solid control, tangki lumpur, pompa lumpur, power,remote control, logistic base dll) berada pada barge.
    Selamat bertugas Tuhan Y.M.E akan menyertai langkah baik Mas Pras.

    @ Mas priyo kerja di drilling juga ya? Sebenarnya tulisan di blog saya ini untuk konsumsi umum mas. Saya sengaja menjelaskan perihal rig dengan bahasa yang sederhana supaya bisa dimengerti masyarakat awam. Mungkin lain waktu saya akan coba memuat tulisan-tulisan yang lebih mendetail ( sebenarnya males πŸ™‚ ). Terimakasih telah mengunjungi blog saya.

  3. makasih mas dah mau bagi2 ilmu,,kbetulan saya juga mahasiswa jurusan
    eksplorasi migas di kota palembang…smoga ini bisa menjadi motivator saya agar lebih maju kedepn…wassalam….

  4. Coba deh mas,tampilin juga perusahaan yang bergerak di bidang pengeboran minyak.Mungkin aja perusahaan itu butuh orang2 yg mau bekerja di rig.Sekarang ni banyak lho tenaga2 skill di Rig,tapi lowongan yg susah d cari.

  5. Ass wr wb

    Saya mahasiswa notariat ui mau menulis tesis tentang rig sebagai objek jaminan fidusia untuk pembiayaan kredit investasi.

    adapun yang saya mau tanyakan adalah :

    1. apa yang menjadi alas hak kepemilikan dari rig?
    2. bukti kepemilikannya seperti apa? sertipikat?
    3. apakah rig bisa dijaminkan sebagai jaminan pembayaran utang?
    4. pengertian rig apa? dan apa saja yang terdapat didalamnya atau unsur2nya?
    5. siapa yang dapat menbuat rig tsb?

    thanks atas bantuannya

  6. wah sama seperti pa erander pengen jalan2 ke rig, boleh ga ya?!apa perlu buat permit dulu?!

    @ Ya memang sebenarnya rada ribet juga untuk bisa ke rig site, harus punya permit dulu. Yang paling utama adalah licence yg menyatakan kita sehat untuk bisa pergi ke rig. Kemudian haarus ada permit dari yang mpunya rumah, apakah kita diundang atau tidak. Karena semua orang yg datang ke rig harus ada kepentingan yang jelas. Apabila di rig offshore, biasanya harus punya licence safety (HUET, Sea survival, hypothermia, bla bla bla) supaya bisa ikut numpang boat atau choper/heli. Selain itu ya kalau ada hubungan keluarga dengan yg punya rig mungin bisa hehehehe…. :mrgreen:

  7. oh gitu ya mas pras,klo alsan saya ingin ketemu mas pras di rig kira-kira diizinin ga ya πŸ˜•

    @ Ngapain nemui saya di rig? Masih banyak tempat lain yg lebih asyik. Di rig ini khusus untuk orang kerja saja.
    Peace
    :mrgreen:

  8. Pras, benar sekali. Ditempat manapun bisa jadi menyenangkan dan bisa juga membosankan, tergantung gimana orangnya, siiiip.
    Sama seperti yang lain pengen jalan-jalan ke sana, tapi itu kan tempat kerja ya Pras, saya cukup puas liat fotonya aja dulu deh.
    Pras sekarang lagi off ya, saya liat jam komen di blog saya kayanya belom tidur nih dari tadi malam. terima kasih sudah berkunjung.
    Blognya saya link ya…..

    @ Namanya juga kerja mas, ga ada yg enak. Tapi duitnya enak juga hehehehe :mrgreen:
    Skr sy masih di perairan Papua dan kebetulan lg kerja malem. Silahkan me-link blog sy (padahal sy udah nge-link duluan tanpa ijin ooops).

  9. salam sejahtera,
    mas boleh ga minta poster untuk land n marine drilling rignya. kalau bisa lengkap dengan keterangannya (atau kalau mau download dimana? saya mahasiswa teknik pertambangan)
    thank’s

  10. Mas Pras,
    saya sudah sering pergi ke rig darat. Pernah juga seminggu di FPSO di Natuna.
    Ke rig offshore belum pernah, dan rencanyanya akhir Februari mau ke jack up
    rig di Kaltim. Kerjaan saya bikin video tentang safety induction.
    Ngomong2 di rig Anda sudah ada video safety induction-nya, belum?
    Kalau belum, saya buatin deh …. he-he-he.

  11. Salam hormat buat semuanya.. Khususnya buat Mas Pras.

    Nama saya Azmi, saya mahasiswa Teknik Mesin ITENAS Bandung,Semester 4. Saya mau bertanya beberapa hal. Setelah menyelesaikan semester 4 ini, saya akan melaksanakan Kerja Praktek I (sekitar bulan Juni-Juli). Apakah bisa saya melaksanakan Kerja Praktek di rig.? Jika boleh, apa saja persyaratannya.? Bagaimana psosedur pendaftarannya (tempat, waktu, dll).?
    Terima kasih buat semuanya. Saya sangat berhharap untuk bisa Kerja Praktek di RIG. Sukur2 bisa membuka peluuang saya untuk bekerja di RIG kedepannya.

    Salam Hormat,
    Azmi Ziqra. U
    azmi_indoflyer@plasa.com

  12. Salam hormat untuk semuanya,

    Nama saya Agung H.S. dari Teknik Mesin.
    Kalau denger cerita2 tentang di rig sangat mengasikkan sekali ya! Apa boleh saya bergabung di rig? Biar saya bisa cerita tentang di rig.

    Salam hormat,

    Agung H.S

  13. Assalamualaikummmmmmmmmmmmmmmm
    bwt smw yg baca,,,aku kul di ocean engineering ITS
    dr dulu pgn kerja di RIG2 gni….
    kira2 cewek bs gk yaaaaaaaaaaa
    ocean is our next future
    pada balas yaaaaaaaaaaaaaa
    email aku di vadin99@oe.its.ac.id

  14. halo mas, salam kenal…

    saya baru beberapa bulan bekerja disalah satu oil service nasional, saya lulusan dari teknik mesin UI (saya mulai kerja dgn tingkat pengetahuan nol ttg perminyakan mas, bingungggg haha)… yang saya sadari beberapa bulan ini ternyata yg namanya dunia rig itu jauh sekali dari kesan glamor yang seperti dibicarakan orang2.. dari situ saya sadar yang namanya gaji itu pasti seimbang dengan tingkat kegilaan kerja hehehe..

    saya ingin minta pendapat nih? saya ingin dalam waktu 4 tahun bisa bekerja diluar negeri terutama timur tengah.. apakah dengan waktu sekitar 4 tahun mencukupi untuk memudahkan bekerja diluar?

    posisi mana yang lebih baik? krn saat ini saya sedang menjadi trainee drilling engineer dan ada tawaran untuk menjadi testing engineer di well surface testing unit… karena drilling engineer ditempat saya termasuk jarang mendapat project, saya setengah berpikir untuk pindah saja ke testing.. bisa kasih pendapatnya ga mas..

    thx

  15. keren tulisannya, saya jadi lebih paham setelah kemarin wwncr dengan pak bambang Purwohadi ketua APMI.

    Pak, saya numpang kopi ya untuk bahan tulisan. wah membantu ni, tanks…

  16. saya tertarik dengan pertanyaan dari mas ibrohim yazdi sayang saya kok nggak liat ada tanggapannya ya kalau ada bisa minta kopinya sama pertanyaan tambahan apa saja yang menjadi cost of rig, atau biaya apa saja yang dikeluarkan penyewa rig?? terima kasih bantuannya

  17. ad lowongan ga dirg cari teknisi TNU (navigasi Udara) D3….tolong infokan ya ni HP saya…)085731130188 saya btuh kerja bru lulus …..p engalan OJT di ngurah rai BALi

  18. Makasih Mas Pras, ada rencana mau nulis lebih detail tentang submersible rig gak? Lagi butuh nih πŸ™‚

    Kira-kira tau URL yang memuat segala hal yang berhubungan dengan submersible rig gak Mas ?

    Makasih ya ..:)

  19. Mas saya sekarang kerja di Rig,ada ngk teori – teori tentang pengeboran , karena saya agak awam mengenai Teorinya ( saya dr teknik Mesin ).. Kalo ada di mana saya bisa mendapatkannya, ? Thanks

  20. Mas, saya seorang Radio Operator (Marconist).
    Pengalaman sebagai R/O selama 12 tahun.
    Sekarang kerja di perusahaan pelayaran swasta sebagai DPA.

    Mohon info jika ada lowongan untuk R/O di rig.
    Saya ingin kerja sebagai R/O di rig.

    Terima kasih.
    Bejo

  21. Salam kenal,

    Mungkin ini juga sarana promosi..
    Kami punya beberapa:
    1.rig jenis land rig 2000Hp…
    2.Top drive Top drive 500 Ton/1205Hp

    Kalau ada job,kami siap.
    Hub.i saya 0811147337

  22. Salam Kenal,

    Mas, saya sekarang bekerja di onshore,baru 4 tahun. Posisi saya sekarang masih floorman dan punya sertifikat OMB2. Tapi dari dulu saya pengen sekali pindah ke offshore,kira2 ad gak y posisi untuk saya…????

    Oh ya kalo boleh tau,sekarang mas bekerja dimana dan perusahaan apa?? Apa sih syarat2 yg harus dimiliki utk kerja di offshore(jenis sertifikatnya,dll)? Klo ada lowongan tolong hubungi saya di 081373574242/andry_one@yahoo.com

  23. Salam kenal,
    Saya punya sertifikat untuk handle sebagai Radio Operator dan pernah menjadi helpdesk IT di airline.
    Dan saya belum pernah bekerja di rig.

    Ada ga posisi untuk saya di offshore sebagai radio operator.
    Saya tidak memerlukan menjadi pegawai tetap, pegawai kontrak-pun tak apalah.

    Kalau ada posisi bisa hubungi saya di:
    021-95295634

  24. Ass…
    ada ngak data2 tentang rig yang beroperasi di muara mahakam. data struktur dan lingkungannya.
    klo ada, kirim dong ke email saya… please…..thank’s before

  25. Assalamualaikum mas Prast…

    aku masih kul nich… di Jur. Pertambangan…
    Barusan aja kerja praktek di Penambangan Iodium….
    Bisa kirim data2 pompa ke e-mailku ga mas…???

    Thanx sebelumnya buat info2 rig-nya….

    Wassalamualaikum

  26. Salam kenal,

    Mas ,saya D3 Polytechnic , electrical engineering , saya belum punya pengalaman di bidang oilfield , saya ingin sekali bekerja di offshore , kira2 bisa ga mas

  27. Saya dari salah satu perusahaan kontraktor rig, tapi saya belum terlalu menghafal peralatan rig seperti rock bit, rotary system, substructure. Bisa gak jelasin perlengkapan rig compelete untuk mengukur water cut, sewaktu cementing,sewaktu PUP tubing, sewaktu pekerjaan di mud pump. Terakhir apa saja peralatan yang harus ada selain sub-structure sebelum operasi dimulai?

  28. Ass.Wr.Wb, Mas Pras ulasannya keren dengan bahasa yang mudah dimengerti, terima kasih atas sharingnya Mas.

    O iya mgk Mas Pras bisa mengulas tentang peralatan2 rig yang lain, seperti crown block, wire rope, rotary table, mud pump, degasser, desilter, desander, dll?

    Kemana saya bisa menghubungi Mas Pras?terimakasih sekali lagi..

    Email saya: ilham_dinar@yahoo.com

    Wassalammualaikum Wr.Wb

  29. mas-mas mau tanya
    kalo jum lah mud tank di tiap rig itu berbeda atau sama ya??
    dan tergantung dari apa ya penentuan jumlah mud tank nya itu??
    maksih sebelumnya

  30. wahh top banget mas pras akhirnya ada jg yang ngebahas ttg rig!coz selama ini yang saya tau hanya rig onshore krn emang br dpt job di onshore kira2 ada ga ya lowongan di ofshore buat saya he..he..he thanks

  31. salam kenal semuanya. . .
    gi mana sih cara gampang untuk mempelajari struktur rig N well serta alat2 n fungsinya . . . tolong dong di share . . .

  32. salam buat semua welder di indonesia,om saya welder gret 1 di areal bisa ga saya kerja di RIG yg baru??makasih atas info ya.

  33. lam kenal semuanya..^_^ kang Prasetyo, boleh ngk saya minta data rignya TA saya berhubungan dengan rig dan saya mau menampilkannya secara 3d dengan metode hybrid untuk menunjang kadaster kelautan..mohon bantuannya kang.kirim ke email sy ya abenk77@gmail.com ,makasih banyak kang.

  34. slm knl mas.saya bkrj dirig onshore hmpr 10 thn.jbtn saya mud boy dan mempunyai srtfkt OL saya bekrja pengeboran explorasi.ada keinginan mencari pnglman di rig laut.bisakah saya meminta alamt perusahaan yg msh membuka lwngn krja bgi pemula sprti saya ini.klau ada tlng hub saya mas di 085719248478.atas prhtiannya saya ucpkan trim’s

  35. salam kenal mas,saya berkerja d rig landrig workover n rig service n pernah d drilling rig Apexindo
    Rwayat saya
    Pt.Radiant Utama 2004 s/d 2008 LandRig/450 HP/area BOB siak Riau/kelly/Reastabout
    Pt.Halco Apexindo feb-november 2008 Floorman/800HP/jambi Pertamina/
    Pt.General Budi Tekindo Dereecman 2009 s/d 2010/BOB siak riau

    Bisakah saya meminta email perusahaan untukm lowongan kerja d Bidangnya.kalau ada tolong hub saya 081371506779.atas perhatian ya trima kasih

  36. pingin kali kerja di rig offshore
    saya sekarang floorman di riau
    klo ada info lowongan kerja di offshore
    biar pun jadi roustabout dulu

    klu ada tolong hub saya di no hp 081371800211.
    atas perhatian nya saya ucapkan terima kasih

    balas

  37. asalammualaikum mas pras… saya pengan seperti orang tua saya,bisa kerja di rig offsour,dan itu sikit lg jd kenyataan.saya udah punya H U E T & BSS….. saya di trima kerja di cetring…… 2 hari mau naik lokasi….MCU saya keluar hasilnya… ternyata anfit….. sedih banget rasanya.. mudah2 han saya bisa seperti mas nantinya.amin…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s