RIG COMPONENTS – MAST & SUBSTRUCTURE

Setelah contractor mendapatkan rig yang sesuai dan membawanya ke area site, langkah berikutnya adalah merangkai rig menjadi satu sehingga proses drilling dapat berlangsung. Proses ini diberi istilah sebagai “rigging up”.

Untuk Land Rig, yang pertama adalah substructure – metal penyangga utama yang berada paling bawah diatas tanah dimana lobang sumur berada – dibawa dan dirangkai. Substructure akan menopang mast atau derrick, beberapa pipa untuk mengebor sumur, serta mesin hoisting dan rotating. Terkadang, tergantung desainnya, engine untuk memberi tenaga pada mesin-mesin rig juga merupakan bagian dari substructure.

Derrick01
Setelah substructure berada pada tempatnya dan telah terangkai, power system sudah berada pada posisinya, langkah berikutnya adalah mengangkat mast atau derrick berdiri diatasnya. Derrick adalah structure yang berbentuk menara atau tower yang dirangkai bagian demi bagian menjadi satu, membutuhkan kru rig untuk merangkainya dengan baut-baut.

Sedangkan mast dirangkai pada suatu tempat dimana ia diproduksi pertama kali dan tak akan dibongkar pasang lagi. Sifatnya portable. Kebanyakan istilah mast dan derrick merupakan istilah yang digunakan untuk benda yang sama, padahal tidak demikian. Sebagaian besar rig-rig modern telah dilengkapi dengan mast, walaupun beberapa rig khususnya offshore platform masih memiliki standard derrick.

Mast akan mensupport dan menopang semua peralatan hoisting, tapi juga memiliki fungsi penting sebagai rack penyedia tempat untuk drill pipe (DP). Secara periodik selama drilling, sebuah string (rangkaian drill pipe) akan diangkat (tripped) untuk mengganti bit atau untuk tujuan lain. Proses ini akan berlangsung lebih cepat jika tidak perlu melepas seluruh bagian string yang keluar dari lubang.

Panjang derrick atau mast tergantung pada berapa banyak (joints) drill pipe yang akan ditegakkan secara vertical. Biasanya derrick atau mast berukuran double ( satu stand = dua joint DP dirangkai jadi satu ) atau triple ( satu stand = tiga joint DP ).

Mast dan derrick harus kuat dan portable. Pertimbangannya jika mengebor pada satuderrick-2 sumur dalam, berat rangkaian drill string bisa berbobot sampai 250 ton (500.000 pounds). Tidak hanya itu, setelah menyelesaikan satu sumur, rig akan dipindahkan berkilo-kilo meter jauhnya untuk memulai mengebor sumur baru.

Pabrikan yang memproduksi mast dan derrick biasanya memberi rate terhadap produknya untuk kekuatan vertical load dan wind load. Kapasitas mast dan derrick memiliki vertical load bervariasi mulai dari 0.25 juta sampai 1.5 juta API pounds. Sebagian besar mast dan derrick sanggup menahan hempasan angin sekitar 140 sampai 200 km/hr (sekitar 100 sampai 130 mph).

Sementara itu, proses rigging up lain tetap berlanjut. Steel pits (mud tank) dimana drilling fluid akan diletakkan – diposisikan dan dihubungkan menjadi satu. Para kru memasang walkways dan tangga-tangga. Perlengkapan tambahan seperti electric power, compressed air dan air dipasang untuk kepentingan operasi.

Iklan

2 tanggapan untuk “RIG COMPONENTS – MAST & SUBSTRUCTURE

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s