Struktur Bumi

Struktur Bumi

Struktur Bumi seperti yang terlihat pada gambar diatas.

Secara keseluruhan, bumi terbagi menjadi empat aspek yaitu; atmosphere (udara), hydrosphere (air), lithosphere (batuan solid) dan biosphere (kehidupan organik).

Disini saya hanya akan menjabarkan sedikit tentang lithosphere saja, karena berhubungan dengan batuan.

Lithosphere adalah akumulasi masa dari batuan-batuan padat yang membentuk selubung yang mengelilingi bagian cair bumi yang panas (magma). Lithosphere terdiri dari komponen primer seperti;

1. Minerals, segala bentuk komponen kimia yang memiliki sifat-sifat fisika dan kimia. Seperti silika (SIO2) atau kalsium karbonat (CaCO3).

2. Batuan, secara alami terbentuk, materi mineral terkonsolidasi dan terkompaksi.Batuan bisa terdiri dari hanya satu macam mineral saja (Contohnya; Salt) atau terdiri dari berbagai mineral (Contohnya; sandstone).

3. Fluida, komponen paling banyak adalah air (lebih dari 90%), gas dan hydrocarbon.

Ketebalan lithosphere bervariasi, dari sekitar 65 km sampai 100 km, dan terdiri dari batuan silika-magnesium (SIMA) dan silik-aluminium (SIAL). Lithosphere mempunyai nilai Specific Gravity (SG) 2.7 sampai 3.

Crust adalah bagian paling atas dari lithosphere dan membentuk lempeng benua dan lempeng samudera. Fluida seperti air, minyak dan gas berada pada lempeng-lempeng ini. Ketebalan crust bervariasi mulai dari 5 km sampai 60 km. Terdiri dari batuan dan mineral berbagai tipe. Klasifikasi dasar dari batuan berdasarkan asal usul terbentuknya terdiri dari tiga macam batuan, yaitu;

1. Igneous Rock (Batuan Beku), terkristalisasi dari bekuan magma.

2. Sedimentary (Batuan Sediment), endapan dari hasil pengikisan batuan permukaan.

3. Metamorphic (Batuan Ubahan), hasil dari alterasi batuan dan mineral lain.

Crust, selagi dalam bentuk solidnya bersifat mobile dan mengapung diatas cairan magma. Menurut teori tektonik lempeng, terjadi arus konveksi dibawah lapisan crust ini memaksa magma (batuan panas/cair, yang bergerak plastis) untuk bergerak keatas. Pada titik-titik tertentu (biasanya pada mid-ocean) magma membentuk celah/palung dan menerobos ke permukaan. Hal ini akan menyebabkan lempeng saling bergerak menjauh atau saling bertabrakan secara gradual. Jika pergerakan ini terjadi dengan tiba-tiba, terjadilah gempa.

Continental Crust

Dari gambar disamping, dapat dilihat bahwa pergerakan konveksi dari magma menyebabkan terjadinya mid-ocean ridge pada lempeng samudra dan rift valley pada lempeng benua. Kedua lempeng ini bergerak saling mendekat dan bertubrukan (subduction zone). Karena massa dari lempeng samudra lebih kecil dari massa lempeng benua, pada subduction zone ini lempeng samudra akan menyusup kebawah dan meleleh (melting). Siklus ini akan terus berulang.

Plate

Disamping adalah gambar dari lempeng-lempeng yang mengapung bergerak saling menjauh dan mendekat saat ini dibumi kita tercinta ini.

Mantel, Dibawah lithosphere penelitian semakin sulit dilakukan. Lapisan ini dikenal juga sebagai lapisan Pyrosphere, ketebalannya diperkirakan 2900 km. Terdiri dari besi dan mineral SIMA. Density sekitar 3.5 SG, dan suhu rata-rata sekitar 2000 deg Celcius. Tekanan dari lapisan diatasnya membuat lapisan ini selalu dalam kondisi solid, tapi tetap bisa melelehkan batuan. Lapisan mantle paling luar sekitar 200 km dinamai dengan asthenosphere. Pada lapisan ini tekanan dan suhu berada pada kondisi berimbang sehingga lapisan ini bersifat plastis. Asthenosphere merupakan sumber dari aktivitas volkanik dan seismik (gempa).

Core, inti bumi berukuran diameter 7000 km dan terdiri dari besi dan nikel. Lapisan paling luar (tebal 2200 km) merupakan liquid atau cairan. Lapisan terdalam bersifat solid atau padat, dengan density sekitar 10.5 SG dan suhunya lebih dari 5000 deg celcius. Menurut teori, perputaran bumi pada porosnya (rotasi) menyebabkan terjadinya arus sirkulasi pada bagian cair inti bumi. Sirkulasi ini merupakan sumber dari medan magnet yang menyelimuti bumi.

General Data

  • Average Density sekitar 5.5 SG
  • Suhu bumi meningkat seiring dengan kedalaman bumi, rata-rata 1 deg celcius per 30 m pada batuan sedimen. Ini disebut sebagai Geothermal Gradient. Pada daerah vulkanik gradiennya sekitar 1 deg celcius per 10 m. Pada daerah granite tua (basement rock) gradiennya sekitar 1 deg celcius per 80 m.
  • Perkiraan usia bumi sekitar 4.600.000.000 tahun (menggunakan metoda dating radioaktif).

Posted on September 19, 2007, in Earth Science. Bookmark the permalink. 88 Komentar.

  1. Jadi nambah ilmu deh baca postingan ini. Hmm .. jadi nyambung dengan film yang pernah abang tonton tentang ekspedisi ke perut bumi. Oya, berapa ya suhu didalam perut bumi itu?

  2. Blog saya sudah update. jadi pertanyaan bang eby sudah terjawab ya…..

  3. Mas pr4s, artikelnya bagus sekali, tetapi maaf, ada satu kejanggalan, yaitu data terakhir mengenai usia Bumi yang menurut mas pr4s berusia 46.000.000.000 tahun atau 4.6 \times {10}^{10} tahun yang menurut saya tidak mungkin.
    Karena, yang saya tahu, umur keseluruhan matahari saja mulai dari lahir sampai mati diperkirakan adalah 10.000.000.000 tahun atau 1 \times {10}^{10} tahun, sedangkan matahari sekarang baru berumur 5.000.000.000 tahun atau 5 \times {10}^{9} tahun, jadi sekarang umur matahari sudah dipertengahan usianya. Menurut saya, usia bumi sedikit lebih muda dari usia matahari, kalau anda mengatakan usia Bumi adalah 4.600.000.000 tahun atau 4.6 \times {10}^{9} tahun, maka mungkin saya percaya. Jadi sepertinya anda terlalu banyak memasukkan angka 0 di situ. :)
    Tapi coba anda cek lagi, mungkin saya juga bisa saja salah! :)

    @Pr4s: yak benar sekali kang, saya yang salah seharusnya emang 4.6 \times {10}^{9} tahun. Nol-nya kelebihan satu. Akang teliti sekali ya. Terimakasih atas koreksinya.

  4. sima dan sial diperjelas dong

    @ As you wish Master, Liat disini ya.

  5. Jadi lebih ngerti nih sekarang, faktor-faktor yang menyebab-kan gempa bumi, sebuah rahasia yang sampai saat ini belum bisa ditebak pergerakan-nya :roll:

    @Syukur Alhamdulillah, ternyata ada yg ngerti jg toh. (apa iya bener2 ngerti???)

  6. emang dengan jujur aku-akui…hiks…hiks… belum bener-bener ngerti
    tapi kan setidak-nya sekarang udah lebih ngerti daripada tidak ngerti sama sekali ;)

    @ Tar tak kasih kuliah privat deh….

  7. jika memang bumi stabil,kenapa harus ada gempa?kestabilan yang bagaimanakah yang sekarang sedang terjadi pada bumi?perlu kita ketahui bahwa bumi itu ibarat telur,namun tidak pada bentuk permukaannya.telur memiliki inti yang padat,dan yang menghubungkannya dengan kerak adalah cairan putihnya.ibarat kata cairan putih itu adalah lava pada bumi.ketika bumi berotasi,semua strukturnya ikut bergerak,begitupun dengan intinya.adanya ruang yang terisi oleh cairan lava tersebut dapat menyebabkan bumi tidak stabil. karena bergoyangya inti pada bumi yang berseling dengan lapisan cair,dapat menyebabkan perputaran pada inti tidak teratur.bukankah begitu.mungkin menurut saya inilah yang menyebabkan terjadinya gempa bumi.yang dikarnakan adanya pergeseran lepeng.pergeseran lempeng tersebut pasti ada yang menyebabkannya,tidak mungkin lempeng bergerak dengan sendirinya.ini adalah pekerjaan rumah bagi para geolog indonesia untuk mengkaji kembali tentang bumi dan akibat dari kekuatan yang ditimbulkannya.Fr.Reza

    • itu betul.di bumi ini semua lempengnya trus bergerak.., seperti bumi ini berputar …lo bumi ini tdak berputar pasti lempeng2nya juga tdk bergerak , jadi menurut saya gempa itu wajar …bisa dikatakan getaran pada bawah tanah….nach gunung itu peranya sangat penting buat bumi…bisa jadi penstabil bumi…dan bayangkan coba klow tdak ada gunung pasti bumi ini sudah ter genang air..gunung kan penyebab tdk meratanya bumi……..ok

  8. bagaimana cara kita selanjutnya? apa yang musti kia lakukan dengan gejala bumi yang sedang melanda berbagai daerah kita?

  9. Maaf, mungkin ada yang bisa menjawab tentang suhu dari atmosfer ? Terimakasih

    • suhu pada lapisan :
      1.Troposfer = -60 derajat C
      2.Stratosfer = 55 derajat C
      3.Mesosfer = -72 derajat C
      4.Termosfer = 1.232 derajat C
      5.Eksosfer = sangat panas ( ruang hampa)
      hnya itu yg sya tau… :)

  10. thank;s to ypu

  11. bagaimana cara mengajarkan konsep i9ni di sekolah dasar

  12. please give information about earth and ocean

  13. waaaaaaaaah buanyak yach yang ngirim pesan!!! ;-)

  14. :-) ;-) :-( ;-( :-D :-P :-O :-X :-S :-Z !!!!! ^_^

  15. waduuuuuhhhhhh…….

    cuocokkkkk nech bwt tugas geografi….

  16. saya mencari soal kandungan inti bumi, sampailah saya di sini. dari tulisan-tulisan yang saya baca, inti bumi tersusun dari besi dan nikel (yang katanya diketahui dengan mengasumsikan bahwa meteorit yang sampai ke permukaan bumi sebagai material awal pembentukan planet). saya jadi penasaran tentang genesa bumi secara detail, sehingga bisa diperoleh struktur bumi seperti sekarang ini. mungkin ada yang bisa bantu saya, dan mohon informasinya lewat jalur pribadi (email). terima kasih

  17. hatur nuhun ya, izin ngambil artikelnya, makasih.

  18. Makacih ya kak..
    artikel ini sangat membantu saya untuk nylesein tugas Geografi.
    sekali lagi makacih… banget’s..

  19. Iya terima kasih, kami ijin meng-copy untuk bahan diskusi kuliah IAD ya, semoga semakin barokah ilmu Anda.

  20. makacih…. info yang sangat penting ini

  21. good!!!!!!

    aku suka itu!!!!

    trnyt ad jg ide2 kreatif membuat blog dgn mengisinya dgn ilmu pngthn….

  22. menurut tommy,, good!!!!

    ILike it

  23. Web site ini menurut saya sangat baik untuk menambah perbendaharaan tentang tempat tinggal kita (Manusia) yaitu Bumi.

    Tetapi yang ingin saya tanyakan bagaimanakan bumi dapat melayang dan berputar pada porosnya serta berada pada relnya untuk mengelilingi matahari?

    Apakah posisi lintasan bumi tersebut dapat lari?

    Thanks
    Bonagres

  24. i waw cucok bgt nie wat tugas we wat bikin makalah struktur lapisan bumi hehehehehehehe thankzzzzz yWWWW

  25. Hatur Nuhun kana pertelaanna.

  26. cariin sifat-sifat dasar batuan dongs

  27. 1.MENGAPA DI SEBUT DENGAN STRUKTUR BUMI ?
    2.APASIH PATAHAN ITU & SEBUTKAN ADA BERAPA PATAHAN?

  28. Bumi tempat kita hidup maka janganlah kau rusak bumi biar lebih lama lagi

  29. thank’s ya …
    bntu bget bt tgas kul aq

  30. WOW!!!!!
    WOW!!!!!
    WOW!!!!!
    WOW!!!!!
    WOW!!!!! :D

  31. TUHAN MENCITAKAN BUMI INI SESEMPURNA MUNGKIN.
    DAN KITA HARUS BISA MENJAGANYA.
    STOP GLOBAL WARMING!!!!
    ONE MAN ONE TREE!!!
    :D :) :D :D :) :D :) :D :) :D :) :D :) :D :) :D :) :D :) :D :) :D :)

  32. Mkci bngt y pnjlsnny. It’s very important for me. Thnk u so much…^

  33. i am love it………….

  34. lumayan tapi knapa ga djlsin lgi lbih rinci ttg mantel n inti biar gak susah2 gitu klo gw olimpiade kebumian kan tggal cari2 informasi disini

  35. lumayan tapi krg lengkap

  36. ..heeeeeee
    :DD

  37. terima kasih sudah membantu

  38. bumi, langit, jagad raya alam semesta dan seluruh prikehidupannya..minus manusia, diciptakan dalam 6 masa,..menurut firman yang Menciptakan sesuai dgn dalil :QS.. amat sulit proses PenciptaanNYA dan bumi sebagai blue chip sempurna…mangka manusia jangan berlaku semena2/merampok dan exploitasi habis2an untuk semua yang terkandung di isi perut,maupun daratan , lautan dan udara … dari master planet kehidupan yi: BUMI.. tanpa memperhatikan faktor keseimbangan dan investasi kedepan untuk anak-cucu sebagai penerus kehidupan..

  39. makasii atas infonya,,tapi iya kurang lengkap,,,,

  40. waduhhh ………. kga nGARti sayaaaaaaaaaaa ????????????????????

  41. pusing………….aqu………?????????

  42. hahay,,,,,,,,,,,, aund cnah……….huhu,he

  43. aiaiai………… hu.u aund nya………heeeeeee

  44. gw udah ngerti tntang bumi…mkch artikelnya bwat gw persiapan olimpiade geografi….hehe

  45. kurang komplit siiiiih…,tapi…. lumayan ngebantu jg ~_~

  46. OMG?! i dont understand?!!!! -____________-

  47. mengapa lempeng bumi itu bergerak????????

  48. gamb ini sangat membantu kami ngajar siswa jadi lebih asyik

  49. Terimakasih ya sudah membagi informasi aku baru kls 5 mau naik kls 6 aku lg belajar tentang struktur Bumi

  50. susah bgt cari pljrn na….

  51. kaka aq minta gambar struktur bumi dnk… yg bhs indonesia’a..
    yg ad lapisan’a + gnungnya..
    ak buat pr ipa nih.. ak bru kls 5 sd..

  52. iya kak aku juga mau donk sekarang dibawa nih aku sekelas sama hideo

  53. eh youla km dah dpt blm gmbrnya??

  54. WAH,,,,TUGAS KU UDAH SELESAI UNTUK MENCARI STRUKTUR BUMI ……………..hhhoooorrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrreeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeee,.,.,.,.,.,..,,…yessssssssssss
    ^_^

  55. wah pusing nyari nya

  56. wow besar juga yah bumi itu……………!

  57. sIIIIIp dHah

  58. deviil lge bngunggg

    weagg ini memang di butuhkan untuk mgetahui tntang struktur ” dari bumi…setikdaknya kita dapt berfkir ,btp bsarnya allah mnciptakan dunia ini untk diri kita

  59. subhanallah bagusnya ciptaan allah ini
    harusnya kita jaga,gan
    yg laggar suruh bersihin WC umum aja seumur hidup wkwkwkwkwkwkw

  60. haiaaha…bnr2 gmbrnya bntu q utk tgs TIK neh

  61. nambahin ilmu jdi baca ginian

  62. duch enak banged ya sehabis b aca struk tur bumi dan bagian bumu jdi tai nuch

  63. buuuuaaannnyyyak kali !!! :)

  64. bumi kaya telor g

  65. apa pertanyaan dari artikel di atas tlong bantu aku

  66. kalo boleh tau warna lapisan inti luar, dalam, mantel bumi, kerak bumi apa ya?

  1. Ping-balik: Olimpiad kebumian « Olimpiadekebumian's Blog

  2. Ping-balik: litosfer

  3. Ping-balik: Olimpiade Kebumian International Earth Science Olympiad (IESO) | Geosains's Blog

  4. Ping-balik: INTERNATIONAL EARTH SCIENCE OLYMPIAD IESO | Perangkat Guru

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Kirimkan setiap pos baru ke Kotak Masuk Anda.

Bergabunglah dengan 372 pengikut lainnya

%d blogger menyukai ini: